Contoh Model Tangga

Contoh Model Tangga




Tangga sebagai salah satu elemen penting didalam desain rumah sudah sepatutnyalah mendasarkan perancangannya pada aspek kenyamanan. Tidak jarang bukan Anda menemui tangga dimana setiap anak tangganya terlalu tinggi antara satu dan lainnya sehingga membuat Anda tidak nyaman saat menaikinya. Oleh karena itulah dalam pembuatan tangga tidak hanya desain tetapi juga pengukuran, tata letak, hingga pelaksanaan pembangunan semuanya berperan penting dalam menentukan hasil akhir sebuah tangga didalam rumah.

 http://bundelrumah.blogspot.com/2016/12/contoh-model-tangga.html


Menjadi pilihan bijak jika Anda menyerahkan perancangan rumah kepada arsitek, ahli desain bangunan.
Anda akan mendapat desain yang terarah sesuai fungsi dan kebutuhan yang anda perlukan.
Sebagian orang kadang berfikir bahwa menggunakan jasa arsitek itu perlu pengeluaran lebih.
Tetapi dengan pengeluaran lebih untuk biaya jasa desainer bangunan, Anda mendapatkan desain sebagai output hasil kerja perancangan yang bisa dipertanggungjawabkan secara jelas, sehingga Anda terhindar dari pemborosan biaya atas pekerjaan yang tidak semestinya. 

Beberapa acuan sebagai pegangan dalam menciptakan tangga yang baik bisa disimak dibawah ini:


Rasio Anak Tangga


Menurut website houzz.com untuk total ketinggian anak tangga kurang lebih sampai 17 inchi = 0,4318 M = 43,18cm. Ini adalah jarak yang nyaman bagi seseorang untuk menaiki tangga. Jika lebih dari ini, diharapkan tidak melebihi jarak 8¼ inchi = 0,20955 M = 20,955cm karena dianggap terlalu curam sehingga Anda tidak nyaman dalam menaiki anak tangga.

Ukuran Run yang tepat




Jarak horizontal pada anak tangga dari depan ke belakang disebut juga dengan "Run". 
Dalam pembuatan Run tentu saja harus disesuaikan agar Anda merasa nyaman. Jika kurang lebar dikhawatirkan Anda akan terpeleset, apalagi untuk anak-anak akan jauh lebih berbahaya.


Konsistensi Ukuran

Ini juga termasuk hal yang penting yaitu konsistensi dalam menjaga ukuran Run dan tinggi anak tangga. Tentu Anda tidak mau tersandung lalu jatuh dari tangga bukan? Biasanya jika Anda tersandung dari tangga itu karena tangga Anda tidak konsisten dalam run dan tinggi anak tangga. Saat Anda menaiki atau menuruni tangga tentu terdapat "RITME", jika ada perbedaan beberapa centimeter dalam hal tersebut maka tubuh akan bingung secara otomatis (pengalaman pribadi).


Ujung Anak Tangga (Overhang)


Overhang merupakan ujung dari anak tangga yang fungsinya memberikan pijakan pada tumit Anda sehingga mempermudah Anda dalam menaiki maupun menuruni anak tangga. Akan tetapi pada beberapa desain tangga modern hal kecil seperti overhang ini dihilangkan.

Mempertimbangkan Riser


Riser merupakan pembatas antara anak tangga satu dengan anak tangga lainnya. Biasanya berupa kayu maupun berupa lantai. Namun pada beberapa desain modern hal ini dihilangkan seperti pada contoh diatas sehingga membuat tangga seakan-akan melayang. Perlu diperhatikan apabila Anda membuat tangga melayang seperti di atas, seorang anak kecil bisa saja merangkak kedalam sela lalu terjatuh. Jadi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga Anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh model tangga rumah yang bisa diterapkan untuk bagian pembangunan rumah, tentunya dengan menyusun ulang pertimbangan atas fungsi dan kebutuhan. 
Semoga dapat memberikan inspirasi.



































































































http://bundelrumah.blogspot.co.id/2016/12/contoh-model-tangga.html





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top